Sabtu, 28 April 2012

CARA PENGGUNAAN MATERIAL DASAR 3DS MAX



saya mau sedikit share tentang cara membuat box DVD dengan 3ds max, bagi sebagian orang mungkin sharing ini tidak begitu berguna. tapi saya yakin masih bermanfaat bagi sebagian lainnya ...


siapkan 3 buah gambar Jpg dengan ukuran :
gambar 1 : 425x600 Pixels
gambar 2 : 47x600 Pixels
gambar 3 : 425x600 Pixels
anda bisa membuatnya atau meng-cropnya dengan Photoshop atau CorelDRAW


buka 3ds Max anda, mulailah membuat kotak dengan ukuran
length : 600 Pixels
width : 425 Pixels
height : 47 Pixel

length segs : 1
width segs : 1
height segs : 1




beri warna hitam kotak tersebut
klik kanan pada kotak pilih "convert to editable poly"


pilih Polygon, dan klik di tengah kotak tsb
bagian terpilih akan berwarna merah


klik M pada keyboard untuk memunculkan "material editor". pilih gambar bola pertama
klik kotak sebelah kanan Diffuse dan double klik pada Bitmap



cari lokasi gambar 1 Jpg (depan) disimpan lalu Open


klik Assign material to selection dan klik show standar map in viewport
supaya gambarnya ditampilkan




kembali pilih Polygon, kali ini pilih bagian samping dari box
tekan M, dimaterial editor pilih kotak gambar bola kedua, dan lakukan seperti menerapkan material pada bagian pertama

tapi kali ini hasilnya pasti tidak akan pas karena gambarnya yang memanjang, untuk itu anda perlu merotasinya. ketikan nilai -90.0 pada kotak W Rotate
seperti pada gambar di bawah ini :


lakukan hal yang sama seperti pada bagian pertama untuk memasang material pada sisi belakang sebenarnya ini tak perlu kalau anda hanya akan menampilkan bagian depan dan samping saja.
untuk melihat hasil sebenarnya cobalah di Render
Rendering > Render (Shift+Q)

0 komentar:

Posting Komentar