Sabtu, 28 April 2012

MEMBUAT WAJAH KARTUN DENGAN 3DS MAX

Ini adalah salah satu cara sari sekian banyak tekhnik membuat wajah dengan 3ds max, mengapa harus membuat wajah kartun ? jawabannya : kalau membuat wajah manusia normal, di aflikasi 3ds Max sudah disertakan lengkap tutorialnya, anda tinggal membuka Menu Bar help. tapi kalau membuat wajah kartun selain lebih Fun juga tidak terlalu rumit dan detail. jadi tutorial ini bisa dibilang untuk tingkat dasar (basic) ...


untuk menghemat waktu kita mulai saja
boatlah sebuah box, ukuran bebas
length segs : 1
width segs : 1
height : 1

klik icon Modify, di Modifier List pilih TurboSmooth



tampilannya akan seperti ini, jangan lupa untuk merubah
opsi tampilan dari Smooth+Highlights menjadi Edged Faces

klik kanan pada objek, pilih Convert to Editable Poly, pilih Edge pada Selection



dan klik 4 edges seperti terlihat di gambar lalu klik Loop

setelah itu klik gambar kotak di sebelah kanan Champer (chamfer Setting), jika anda menggunakan 3ds Max 2009 kebawah mungkin akan keluar setting berbentuk dialog, tapi karena saya memakai 3ds Max 2011 maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. (tak apalah sama saja) atur Chamfer Amount sehingga berbentuk seperti pada gambar


masih menggunakan Edge pilih salah satu Edge di bawah lalu klik Ring kemudian klik Conect pada Edit Edges


pada garis yang baru pilih satu edge seperti pada gambar lalu klik kotak sebelah kanan Chamfer, (mulai sekarang kotak sebelah kanan kita sebut setting).

aturlah pada Chamfer Amount klik OK atau pada tanda centang


kemudian kita pilih Polygon, dan klik ketiga Polygon sambil menekan Ctrl

klik setting Inset, nantinya untuk membuat bibir

lalu klik setting Extrude, atur supaya extrude-nya kesebelah dalam dengan menggeser Amount Extrude menjadi minus (-) karena kita sedang membuat bagian mulut


pilih salah satu polygon seperti pada gambar klik Select and move drag ke depan,



lalu tarik kebawah. lakukan juga pada bagian yang bawah, sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar


sekarang kita membuat bagian dagu, klik ketiga Polygon sambil menekan tombol Ctrl,

lalu setting Extrude klik OK


pilih Select and Transform Scale drag dan kecilkan bagian merah

sekarang kita membuat bagian mata pilih ketiga polygon seperti pada gambar, drag dan kecilkan


klik kedua Polygon sambil menekan Ctrl,

klik setting Inset maka akan tercipta polygon baru lalu pilih Select and Move seret ke bagian dalam



sekarang kita membuat bagian Hidung, pilih dua Polygon seperti pada gambar lalu Extrude

pilih edge klik di satu edge lau geser ke dalam


berpindah lagi ke seleksi Polygon pilih 3 polygon di bagian Hidung, lalu klik Select and Transform Scale, kecilkan bagian itu


Sekarang kita membuat bagian terakhir yaitu Telinga. sebelumnya rubah seleksi ke Vertex drag dengan Viewport dari bagian Right drag beberapa vertex sekaligus lalu dengan Select and Move geser bagian itu dan sempitkan


pilih bagian yang akan dibuat telingan dengan Polygon sambil menekan Ctrl lalu extrude

sekarang kita pilih bagian depan telinganya sambil menekan Ctrl lalu klik Insert seret ke bagian dalam


oh ya, saya hampir lupa pada bagian mata sebaiknya di pilih dengan polygon sambil menekan Ctrl lalu di Bevel sedikit ke bagian luar, tetapi saya kira ini tidak terlalu penting


tambahkan juga edge pada bagian kening lalu ring dan connect

sampai sini kita anggap cukup saja, karena ini sengaja dibuat agar tidak terlalu rumit, cobalah di Modifier List pilih TurboSmooth beri nilai Iterations : 2 untuk menghaluskan objek



lalu untuk melihat tampilan aslinya di Render (Shift+Q)

0 komentar:

Posting Komentar