Pada tutorial ini Anda akan membuat visual salju 3 dimensi dengan menggunakan fitur Particle System Standard
1. Klik Tab Create > Geometry , klik kotak Combo Standard Primitives, ganti ke pilihan Particle System. Klik Blizzard dan buat sembarang di Viewport Top
2. Pastikan Blizzard01 terpilih, klik tombol Select & Move dan atur posisi ketinggiannya sesuai dengan keinginan Anda.
3. Anda klik Viewport Camera01 dan tekan tombol Play Animation dan
Anda dapat melihat di layar Viewport, animasi particle secara otomatis
sudah tampil di sana, jadi Anda tidak perlu lagi membuat animasinya
secara manual. Untuk mematikan animasi, tekan tombol Stop Animation
4. Pastikan objek Blizzard01 tetap terpilih, lalu klik Tab Modify , pada rollout Basic Parameters atur nilainya Width = 455, Length = 428. Di kategori Viewport Display, biarkan dalam setingan Ticks, ini akan menampilkan particle dalam bentuk titik, sehingga tidak akan memperberat kinerja komputer Anda. Atur Percentage of Particles = 100%
Setingan Rollout Basic Parameters
5. Geser mouse Anda ke bidang yang kosong di Tab Modify dan tahan lalu
tarik keatas untuk memunculkan parameter yang ada dibawah. Buka rollout
Particle Generation, kategori Particle Quantity, set Use Rate = 40, ini adalah nilai banyaknya particle yang muncul dalam Viewport Anda
Setingan Rollout Particle Generation
6. Di kategori Particle Motion, atur Speed = 3 (Speed
adalah kecepatan bergeraknya keluar, semakin kecil nilainya maka akan
semakin lambat gerak particle, demikian sebaliknya). Atur juga Variation = 10 (Variation adalah variasi dari arah particle)
7. Masih di rollout Particle Generation, atur Emit Stop = 100 (Emit Stop adalah waktu sampai di frame ke berapa emitter akan berhenti mengeluarkan particle-particle), Life = 100 (Life adalah masa “hidup” particle), Size = 3 (Size adalah ukuran besaran (besar dan kecil) dari Particle), Grow For = 0 (Grow
For adalah ukuran besaran partikel awal yang akan muncul dari emitter,
semakin besar nilainya maka akan semakin kecil ukuran besar Particle
yang akan keluar diawalnya. Demikian sebaliknya)
Setingan Kategori Particle Timing & Particle Size
8. Buka rollout Particle Type, atur Standard Particles : Sphere (bentuk bola sebagai bentuk dari butiran-butiran saljunya)
Setingan Kategori Standard Particles
9. Klik Viewport Camera01, tekan tombol Play Animation . Maka Anda akan melihat turunnya partikel-partikel di layar Viewport. Untuk mematikan animasi, tekan tombol Stop Animation
10. Tekan tombol M di keyboard, klik slot yang kosong , klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Pilih warna putih (Red = 255, Green = 255, Blue = 255) dan atur Self Illumination Color = 90 (Self Illumination berfungsi untuk memberikan tingkat terang terhadap warna yang dipilih dari Diffuse Color)
11. Pastikan objek Blizzard01 dalam keadaan terpilih, lalu Anda klik tombol Assign Material to Selection . Tutup jendela Material Editor
12. Klik Viewport Camera01. Geser time slider animasi ke frame 80 dan Render
Pada tutorial ini Anda akan membuat visual salju 3 dimensi dengan menggunakan fitur Particle System Standard
1. Klik Tab Create > Geometry , klik kotak Combo Standard Primitives, ganti ke pilihan Particle System. Klik Blizzard dan buat sembarang di Viewport Top
2. Pastikan Blizzard01 terpilih, klik tombol Select & Move dan atur posisi ketinggiannya sesuai dengan keinginan Anda.
3. Anda klik Viewport Camera01 dan tekan tombol Play Animation dan
Anda dapat melihat di layar Viewport, animasi particle secara otomatis
sudah tampil di sana, jadi Anda tidak perlu lagi membuat animasinya
secara manual. Untuk mematikan animasi, tekan tombol Stop Animation
4. Pastikan objek Blizzard01 tetap terpilih, lalu klik Tab Modify , pada rollout Basic Parameters atur nilainya Width = 455, Length = 428. Di kategori Viewport Display, biarkan dalam setingan Ticks, ini akan menampilkan particle dalam bentuk titik, sehingga tidak akan memperberat kinerja komputer Anda. Atur Percentage of Particles = 100%
Setingan Rollout Basic Parameters
5. Geser mouse Anda ke bidang yang kosong di Tab Modify dan tahan lalu
tarik keatas untuk memunculkan parameter yang ada dibawah. Buka rollout
Particle Generation, kategori Particle Quantity, set Use Rate = 40, ini adalah nilai banyaknya particle yang muncul dalam Viewport Anda
Setingan Rollout Particle Generation
6. Di kategori Particle Motion, atur Speed = 3 (Speed
adalah kecepatan bergeraknya keluar, semakin kecil nilainya maka akan
semakin lambat gerak particle, demikian sebaliknya). Atur juga Variation = 10 (Variation adalah variasi dari arah particle)
7. Masih di rollout Particle Generation, atur Emit Stop = 100 (Emit Stop adalah waktu sampai di frame ke berapa emitter akan berhenti mengeluarkan particle-particle), Life = 100 (Life adalah masa “hidup” particle), Size = 3 (Size adalah ukuran besaran (besar dan kecil) dari Particle), Grow For = 0 (Grow
For adalah ukuran besaran partikel awal yang akan muncul dari emitter,
semakin besar nilainya maka akan semakin kecil ukuran besar Particle
yang akan keluar diawalnya. Demikian sebaliknya)
Setingan Kategori Particle Timing & Particle Size
8. Buka rollout Particle Type, atur Standard Particles : Sphere (bentuk bola sebagai bentuk dari butiran-butiran saljunya)
Setingan Kategori Standard Particles
9. Klik Viewport Camera01, tekan tombol Play Animation . Maka Anda akan melihat turunnya partikel-partikel di layar Viewport. Untuk mematikan animasi, tekan tombol Stop Animation
10. Tekan tombol M di keyboard, klik slot yang kosong , klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Pilih warna putih (Red = 255, Green = 255, Blue = 255) dan atur Self Illumination Color = 90 (Self Illumination berfungsi untuk memberikan tingkat terang terhadap warna yang dipilih dari Diffuse Color)
11. Pastikan objek Blizzard01 dalam keadaan terpilih, lalu Anda klik tombol Assign Material to Selection . Tutup jendela Material Editor
12. Klik Viewport Camera01. Geser time slider animasi ke frame 80 dan Render
0 komentar:
Posting Komentar