Minggu, 18 Maret 2012

Cara membuat bangku tiga dimensi


Kali ini kita akan membuat bangku sederhana tiga dimensi dengan sebuah box, waktu membuat 5 menit
Yang pertama  anda lakukan adalah membuka 3ds max 07:

Setalah 3ds max terbuka aturlah ukuran yang akan kita buat
Customize > units setup > lalu pilih metric dan ubah jadi centimeters lalu OK
Agar setiap objek yang akan kita buat bisa dengan ukuran centimeters


Aktifkan viewport top lalu buatlah sebuah objek box dengan ukuran L = 100cm, W = 100cm, H = 10cm dengan titik koordinat X,Y,Z = 0cm
Objek box yang dibuat akan digunakan untuk dasar bangku




= tombol zoom extants all digunakan untuk menampilkan semua objek di layar viewport 
 = tombol select and move digunakan untuk memilih objek agar bisa digerakkan
 
 
Lalu aktifkan objek tersebut dan klik kanan >  convert to > convert to editable poly
Convert editable poly digunakan agar objek bisa diedit



= tombol edge untuk menyeleksi sisi-sisi objek


Klik tahan dari kiri kenan dan seleksi kedua sisi objek box di viewport top sampai kedua sisi berwarna merah



Setelah itu tekan connect dan beri nilai 2
Connect berfungsi untuk membuat garis baru


Dan dengan cara yang sama gunakan juga untuk kedua sisi atas dan bawah sampai terbentuk garis baru





= tombol select and uniform scale berfungsi untuk membesarkan dan mengecilkan objek
 
= tombol vertex berfungsi untuk menyeleksi berupa titik=titik sudut


Setelah itu klik select and uniform scale dan aktifkan tombol  vertex dan seleksilah ke 8 titik seperti yang ada di gambar dan geser searah sudut x


Setelah sudah akan menjadi seperti gambar yang ada di bewah ini


Dengan cara yang sama gunakan untuk seleksi bagian kiri dan kanan sehingga menjadi


= tombol select and rotate digunakan untuk memutar objek
= tombol polygon digunakan hanya untuk menyeleksi permukan objek yang di pilih
 

F3 = tombol f3 di keyboard digunakan untuk transparan
Langkah selanjutnya gunakan viewport perspective klik tombol select dan rotate untuk memutarkan objek kebawah ke bawah dan tekan f3 lalu seleksi keempat sudut dengan menggunkan ctrl+polygon

 

Lalu extrude dan beri nilai 40cm dan ok
Selanjutnya dari arah atas seleksi juga dengan menggunakan polygon dan extrude 70cm dan ok


Selanjutnya pilih edge dan seleksi seperti pada gambar berikut


Pilih connect dan beri 1 lalu ok


Lalu seleksi bagian permukan dengan polygon seperti berikut


Lalu extrude


 Dan akhirnya jadilah sebuah model bangku yang sederhana:)



 Semoga materi kali ini bisa bermanfaat untuk kalian :)



Author : yudi Handuran





0 komentar:

Posting Komentar