Jumat, 27 April 2012

ANIMASI PERGERAKAN TARGET KAMERA PADA 3DS MAX



Jalankan 3ds Max anda, bisa versi berapa saja ...
dan bukalah Objek yang akan dijadikan latihan, seperti gambar Spider-man ini

NB : jika anda belum punya objek 3ds Max, gunakan saja Teapot.
atau jika anda ingin membuat Character orang secara instan bisa anda gunakan software 'POSER'. atau anda download saja objek yang sudah jadi banyak bertebaran di Internet !!

pada Command Panel pilih Create, pada Object Catagories pilih Cameras
dan pada Object type pilih Target (seperti pada gambar di bawah ini).


pada Viewport Front klik tahan dan seret kamera ke arah objek, gunakan 'Select and Move' untuk menggeser geser kamera jika dirasa kurang pas


tetapi anda tidk akan bisa melihat dari sudut pandang kamera sebelum anda merubah viewportnya dulu. misalnya di Viewport Perspective klik kanan lalu rubah menjadi Cameras001


Animasi Kamera :
untuk dasar penganimasian sebenarnya sudah saya posting sebelumnya

tapi baiklah kita mulai lagi, nyalakan 'Autokey' :
geser Frame ke 35/100, lalu dengan Select and Move geser kamera sesuka hati anda




geser lagi frame ke 65/100, geserkan lagi kamera ke arah lainnya, sambil perhatikan Viewport Camera001. terakhir geser lagi frame ke 95/100, geserkan lagi kamera ke arah yang berbeda.
kini sudah terpasang 4 keyframes (seperti pada gambar di bawah ini).


anda tinggal klik play, animasi sudah dapat dinikmati. untuk melihatnya sementara jangan lupa untuk mengaktifkan Viewport Camera001.

untuk cara Render Animasi supaya hasilnya lebih bagus lagi, saya akan mempostingkannya selanjutnya ... salam !!

0 komentar:

Posting Komentar