Sabtu, 28 April 2012

CARA MEMBUAT EKSPRESI WAJAH (FACE EXPRESSION) PADA 3DS MAX



Seperti yang kita tahu, Ekspresi Wajah adalah gambaran mimik muka yang mencerminkan suasana hati misalnya ekspresi marah, sedih, gembira, terkejut bingung dll. pada sharing kali ini kita akan membuatnya dengan 3ds max ...

pada prinsipnya Ekspresi Wajah (Face Expression) hampir sama dengan Lypsinc Expression yaitu menggunakan Modifier Morpher sebagai sarana untuk melakukan gerakan animasi.


langsung saja kita buka 3ds Max,
dengan FaceMaker buatlah sebuah objek wajah, kemudian copykan menjadi 3 buah pada Viewport tampilkan yang Front


Beri nama yang berbeda pada 'Name and Color' untuk masing masing objek misalnya : Master, Senyum dan Cemberut. klik kanan 'Convert to editable Poly' pada objek yang akan diedit misalnya pada Senyum.

klik pada 'Soft Selection' beri tanda centang pada 'Use Soft selection'.
ubah nilai FallOff menjadi : 5 tapi langkah yang ini tidak wajib, anda bisa saja mengedit tanpa 'Use Soft Selection', jika dengan cara ini anda kurang nyaman



pilih Vertex mulailah mengedit sudut bibir ubah menjadi tersenyum

setelah selesai beralih ke objek Cemberut
klik kanan 'Convert to editable Poly' lalu edit vertek
mulailah mengedit sudut bibir ubah menjadi Cemberut



setelah dirasa cukup klik pada objek Master lalu buka Modifier List
pilih Morpher. klik kanan pada slot -empty 00- maka akan keluar tulisan 'Pick from Sceme'



dan jatuhkan klik pada objek Senyum, pada Slot kosong di bawah Senyum lakukan hal yang sama untuk objek Cemberut.


sekarang lihat pada Channel List akan ada slot list Senyum dan Cemberut
Masih pada Master yang terseleksi klik kanan lalu 'Hide Unselected'
sehingga yang ditampilkan hanya onjek Master saja



supaya gambar ditampilkan halus anda bisa menambahkan Modifier TurboSmooth
beri nilai Iterations 2


pilih objek Master tambahkan nilai pada parameter slot Senyum dan lihat perubahan pada gambar Master, perlahan lahan dia akan tersenyum



begitu juga jika anda menambahkan nilai pada slot Cemberut
perlahan lahan objek Master akan berubah menjadi cemberut



itulah sekilas tentang Face Expressions, jika anda ingin hasil lebih bagus lagi, cobalah edit tidak hanya di bagian bibir tapi juga di bagian alis dan kelopak mata. dan banyak banyaklah ber-experiment, buatlah ekspresi lainnya seperti : terkejut, marah, sedih dsb.

0 komentar:

Posting Komentar