Sabtu, 28 April 2012

MEMBUAT MATA DENGAN UVW MAP PADA 3DS MAX


perhatikan gambar di atas, terutama pada bagian matanya. bagaimana menurut anda? cukup realistis kan? ... itu saya buat dengan Modifier UVW Map dan pewarnaan Material Standard dan Map Gradient Ramp. bagi anda yang 3ds Max-nya lebih sakti dari saya, share ini tidak akan bermanfaat. tapi bagi anda yang berminat, silahkan di ReadMore
...hehe hee


Buka 3ds Max, buka objek yang akan diberi mata.
sebagai contoh misalnya gambar yang atas,

Ok, saya hapus dulu matanya, dan akan saya buat lagi serta kita mulai lagi dari awal,

buatlah sebuah Bola dengan Sphere, sesuaikan ukurannya dengan 'Select and Uniform Scale' dan seret ke tempat kelipak mata.


setelah dirasa cukup pas, klik kanan pada Sphere lalu klik 'Hide Unselected'.
nah sekarang lebih leluasa kan? yang terlihat hanya sebuah Lingkaran bola dan tekan F4segment dan radiusnya terlihat. supaya

pada Menu Bar pilih 'Select and Rotate', ada baiknya juga anda nyalakan 'Angle Snap Toggle' putar kedepan 90 derajat seperti gambar di bawah



pada Modifier Lists cari UVW Map,
maka akan terlihat garis kotak berwarna orange membelah Sphere



sekarang tekan M atau 'Rendering > Material Editor'
dan pilih 'Slate Material Editor'



maka tampilan Material Editor-nya akan seperti gambar di bawah ini
drag Material Standard kemudian drag juga Map Gradient Ramp.

hubungkan dengan cara drag antara bulatan Map #... Gradient ke Material Standard > Diffuse Color



klik dua kali pada judul Map#...Gradient (yang berwarna hijau)
untuk memunculkan 'Coordinates'. pada Gradient Type : Radial
dan mulai mengedit warna gradasi



munculkan Gradient Point menjadi 6 atur 2 hitam 2 biru dan 2 putih.
klik dua kali pada Gradient point untuk merubah warnanya (Color Selector).

lalu klik 'Assign Material to Selection' dan klik 'Show Standard Map in Viewport'
anda bisa melihat sementara hasilnya



tapi itu belum selesai, sekarang klik dua kali pada judul 'Material# Standard'
umtuk memunculkan 'Shader Basic Parameters', silahkan atur sendiri sesuai kebutuhan
(Specular Level, Glossiness dan Soften)


sekarang lihat hasilnya dengan terlebih dahulu klik kanan 'Unhide All'. untuk membuat mata yang sebelah lagi drag mata sambil menekan Shift lalu lepaskan pilih Instance klik OK

nah lihatlah hasilnya,

cara membuat mata ini lebih bagus daripada menggunakan Hemispare > Standard > Multy/Sub Object, yang cuma menggunakan 2 warna ...

0 komentar:

Posting Komentar