Pada
dasarnya setiap gerakan yang ada di semesta ini berulang ulang. seperti
bulan mengitari bumi, bumi mengitari matahari, maupun gerakan setiap
makhluk hidup seperti manusia dan binatang. misalnya berjalan, berlari,
berenang dst. pada sharing kali ini saya mau berbagi cara pembuatan
animasi yang berulang ulang ...
untuk menghemat waktu kita langsung saja,
kali ini kita akan membuat kepak sayap burung yang berulang ulang
dengan 3ds Max buatlah sebuah Teapot dan sebuah Box tipis persegi panjang,
ukuran bebas
klik
pada kotak tampak sumbu XYZ (titik sendi) berada di tengah Box,
sedangkan seharusnya titik sendi berada di pangkal sayap berdekatan
dengan Teapot. untuk merubah titik sendi tsb, klik panel Hierarchy klik
tombol Pivot klik Adjust Pivot
klik Affect Pivot Onlymaka pada objek Box akan muncul tanda panah tebal 3 arah yang disebut Pivot
klik Select and Move geser Pivot ke arah ujung Box (pangkal sayap)
jika sudah matikan Affect Pivot Only
sekarang sayap sudah siap dianimasikan, aktifkan tombol Auto Key
pada Frame 0/100 dengan 'Select and rotate' rotasikan Box seperti pada gambar di bawah
geser Frame slider ke Frame 25/100
putar SBox/sayap sehingga tampak sbb
untuk membuat gerakan mengepak berulang ulang klik Box/sayap tsb,
klik kanan pada kotak menu pilih 'Curve Editor'
lalu pilih hanya X Rotation saja
pilih menu Controller > Out of Range Type
maka akan muncul dialog Param Curve Out of Range
untuk mengatur pola pengulangan, pilih Pingpong klik Ok
play animation ...
anda bisa juga bereksperiment dengan pilihan lainnya
jika berhasil dengan latihan ini, anda tentu bisa juga membuat sayap yang sebelahnya.
supaya gerakan sayapnya tidak kaku anda bisa menambahkan modifier Flex
dan atur parameter untuk kelenturannya ...
0 komentar:
Posting Komentar