Lagi
lagi soal objeknya tidaklah penting, anda bisa berkreasi sendiri tidak
hanya asap rokok bisa juga diterapkan pada teko yang mengeluarkan uap
panas dll. yang penting adalah caranya, dan lagi lagi saya akan sharing
tentang 'How to..."
membuat asap dengan Particle Systems : Super Sprayoke kita mulai saja ...
buka 3ds Max anda, buatlah sebuah 'Teapot'
klik panel Create > Geometry > Particle Systems pilih Super Spray
Klik dan Drag buat objek Super Spray, atur posisinya dengan Select and Move
Aktifkan Modify, lalu atur Parameter Spread
atur pula beberapa parameter pada Rollout Particle Generation
gunakan setingan di atas untuk sementara,
nantinya anda bebas mengedit dan mengubah nilainya sesuai kebutuhan,
atur pula Rollout Particle type untuk memilih bentuk Particle
sambil geser geserkan Frame, tekan F9, untuk melihat hasil Render sementara.
supaya asap terlihat realistis, anda harus memberinya material yang sesuai.
ikuti cara di bawah ini untuk membuat asap
pilih slot material yang masih kosong beri nama 'smoke'
aktifkan Face Map agar setiap partikel diberi material
klik Rollout Map
klik None di samping kanan Diffuse Color
di Material/Map Browser klik 2 kali pada Noise
atur pada Rollout Noise Parameter untuk ukuran Noise-nya.
klik tombol 'Go to Parent' dan kembali ke tampilan awal
buka Rollout Maps klik dan tahan Diffuse Color geser ke arah Self Illumination
untuk menggandakan Map Noise tersebut. pada tampilan dialog pilih Instance dan klik OK
kemudian klik None di samping kanan 'Opacity'
pada dialog Material/Map Browser klik 2 kali pada pilihan 'Mask'
pada Rollout Mask Parameters klik tombol 'None' pada bagian Map
klik 2 kali pada Perlin Marble
klik tombol 'Go to Parent'
pada Rollout Mask Parameters klik tombol 'None' pada bagian Mask
klik 2 kali pada 'Gradient'
pada Rollout Gradient Parameter pilih 'Radial' pada 'Gradient type'
klik 'Go to Parent' sehingga pada rollout Mask Parameter sudah 2 material terisi
aktifkan Super Spray, lalu klik Assign Material to Selection.
0 komentar:
Posting Komentar