Sabtu, 28 April 2012

Membuat Objek Sofa dengan 3DS Max 7

Langkah 1
Buka aplikasi 3ds max di komputer kamu. Setelah membuka lembar kerja baru,  buatlah sebuah objek chamferbox dari tab create-extended primitives-chamferbox, kemudian arahkan kursor pada top view port tarik dari atas kebawah agar terbentuk objek chamferbox, padas rollout name and color ubah nama dari chamferbox01 menjadi sofa01.
clip_image004
Langkah 2
Gunakan zoom tool untuk mengatur ukuran tampilan, menggeser tampilan dan memutar tampilan.
1
Langkah 3
Aturlah ukuran objek sofa01 dengan length=100, width=80, height=25, fillet=5, length segs=7, width segs=5, height segs=1, dan fillet segs=3, dengan cara klik pada tab modify-parameters.
clip_image007
Langkah 4
Lalu duplikat objek sofa01 dengan cara menekan tombol shift pada keyboard, posisi kursor pada perpective view port tarik keatas menurut sumbu Z, tampil perintah pilih instance-beri nama objek sofa02-ok.
clip_image009
Langkah 5
Pada objek sofa02 klik kanan diatasnya pilih hide unselected.
clip_image011
Langkah 6
Lalu pada objek sofa01 klik kanan diatasnya pilih convert to-convert to editable poly, posisi kursor pada perspective view port.
clip_image013
Langkah 7
Aktifkan top view port, klik tanda (+) didepan teks editable poly, klik pemilihan vertex.
clip_image015
Langkah 8
Klik full screen agar top view port tampil maksimal menutupi view port yang lain.
clip_image002
Langkah 9
Blok garis tegak lurus diagonal1 dan garis lurus diagonal4 dengan menggunakan clip_image018/ select and move dibawah menu bar posisinya, tekan tombol ctrl pada keyboard untuk memblok garis lurus diagonal4.
2



Langkah 10
Kemudian setelah diblok gunakan select and non-uniform scale, kemudian tarik ke samping menurut sumbu X, sehingga posisi kedua garis merapat dengan posisi garis yang disamping kanan kiri.
3
clip_image029
Langkah 11
Blok pada garis diagonal2 dan diagonal3 dengan menggunakan select and move, rapatkan posisi kedua garis agar merapat ketengah dengan menggunakan select and non-uniform scale clip_image030.
clip_image032
Langkah 12
Kemudian pada garis horizontal 1,2,3,4,5 dan 6, blok garis yang berpasangan seperti garis horizontal1 dan garis horizontal6 dan garis horizontal2 dan garis horizontal5, caranya sama seperti cara garis vertikal dan garis horizontal3 dan garis horizontal4 posisikan ditengah sama seperti garis vertikal.
3
clip_image042
Langkah 13
Tambahkan garis vertikal ditengah sebelah kiri dengan cara pada editable poly pilih edge dibawah vertex.
clip_image002[7]
Langkah 14
Klik ditengah garis vertikal lalu pada roll out selection pilih ring, pada edit edge pilih connect.
clip_image046
Langkah 15
Selanjutnya tambahkan garis vertikal ditengah sebelah kanan dan dua buah garis horizontal ditengah bawah dan atas caranya sama dengan klik 1x dan klik ring-connect.
clip_image048
Langkah 16
Kemudian minimizekan tampilan agar view port yang tampak kelihatan pada roll out selection klik ignore backfacing agar ada tanda conteng dan blok garis yang ditengah 4 buah titik dengan menggunakan select and move, posisi kursor pada top view port.
clip_image050
Langkah 17
Pada roll out soft selection klik use soft selection agar ada conteng, klik affect backfacing untuk mematikan tanda conteng isi fall of 60, dan arahkan posisi pada front view port tarik ke atas menurut sumbu Z agar membentuk sofa yang menarik.
clip_image052
Langkah 18
Posisikan pada perspective view port non-aktifkan terlebih dahulu vertex klik kanan pilih unhide all untuk menampilkan yang tersembunyi.
clip_image054
Langkah 19
Agar membentuk sofa yang menarik kita copy sofa1 dan sofa2 dan atur letaknya agar sesuai.
clip_image056
Hasil Akhir
Untuk melihat hasil akhir pada menu rendering-render, pada time out pilih active time segment klik render yang dibawah.
clip_image058

0 komentar:

Posting Komentar